Translate

Rabu, 20 Juni 2012

50 Tips Penjagaan Kesehatan dan Usia (4)


         Air “putih” + 3Liter per hari tergantung cuaca dan tingkat aktivitas




Selama ini mungkin kita telah mengetahui secara teoritis bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% air. Air, berfungsi untuk menjaga semua proses organ tetap berjalan. Bila tubuh kekurangan air, berbagai organ yang rentan adalah otak, mata, dan kemudian ginjal. Memikirkan bahwa otak dan mata dapat terpengaruh kadar air secara signifikan saja seharusnya sudah cukup menyemangati kita lebih sering minum air.

Secara jangka panjang, kekurangan air akan memberatkan kerja ginjal sebagai filtrasi atau penyaring darah. Kekurangan air akan menyebabkan darah lebih kental, memperlambat sirkulasinya dalam bilik-bilik necrofili ginjal. Perlambatan ini akan memberi waktu yang cukup untuk pengendapan mineral-mineral dalam darah. Sedimentasi mineral-mineral ini secara perlahan akan menyebabkan kristal yang berkembang menjadi batu ginjal. Baiklah kiranya kita rajin minum air bersih agar terhindar dari rasa sakit menyiksa dan biaya operasi yang tinggi.

            Hal yang lebih penting mengenai kesehatan ginjal adalah, ginjal bersama paru-paru dipahami sebagai penentu penting kualitas kehidupan seorang manusia. Ginjal adalah akar umur dan paru-paru sumber stamina. Ginjal, berperan dalam mengatur daya hidup yang merupakan penentu jangka waktu kemampuan organ2 tetap beroperasi.

Artinya, yang ingin umur panjang harus memberikan perhatian kepada kesehatan ginjalnya. Selain itu, ginjal berkaitan sangat dekat dengan sistem reproduksi. Ginjal yang lemah dapat memengaruhi kemampuan reproduksi dengan signifikan. Ini menjelaskan mengapa penderita diabetes biasa bermasalah pula reproduksinya.

Ada yang menyatakan, malas minum air karena berakibat bolak-balik toilet. Ini alasan yang wajar, apalagi kebanyakan dari masyarakat modern sekarang ini mementingkan “efisiensi” waktu. Frekuensi ke kamar kecil yang sering dapat diakibatkan berbagai faktor, namun yang paling umum adalah karena kelemahan ginjal. Ginjal kurang vitamin dan mineral, atau karena kebiasaan2 buruk yang dapat melemahkannya, seperti: duduk terlalu lama, tumit lebih tinggi dari jari kaki, kurang air.

Solusi, adalah dengan terapi air putih 3 liter perhari (meningkat secara bertahap, jangan langsung 3 L per hari, nanti kembung =)). Selama seminggu pertama akan bolak-balik kamar kecil, itu adalah proses pembersihan ginjal dari endapan-endapan yang selama ini melapisi dinding bilik penyaringan pada ginjal. Setelah ginjal kuat, frekuensi ke kamar kecil akan menurun.
Kesegaran dan optimisme adalah efek instan dari kecukupan air minum. Mari minum air^^
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar