Translate

Rabu, 20 Juni 2012

50 Tips Penjagaan Kesehatan dan Usia (6)



        Jam 12-3 malam harus tidur



            Ini adalah aturan yang saya ketahui secara lisan dari salah satu guru kungfu di China. Dikatakan, hal ini diketahui dari banyaknya kasus luka dalam hingga kematian akibat berlatih tenaga dalam secara terus menerus melewati tengah malam. Setelah di amati, ternyata, itu adalah waktu detoksifikasi dan istirahat organ terajin kita, jantung.

           Menurut cerita, jantung akan benar-benar berhenti selama beberapa detik ketika jam-jam tersebut. Jantung adalah gudang usia “kecil” (gudang usia besar= ginjal & paru-paru), bila waktu istirahatnya di ambil, dapat memperpendek usia. Ini menjelaskan tagline yang menyatakan, tidur seharian ga akan mampu menggantikan tidur malam. Dapat saja sebenarnya, asal seorang pekerja atau mahasiswa pada khususnya (karena saya juga mahasiswa, hoho…), jam 1-3 tidur, sisanya begadang boleh. Itu namanya begadang cerdas, mahasiswa harus cerdas, ya too0..?^^
Oh ya, alasan yang paling sering di dengar untuk melanggar poin tidur jam 1-3 adalah:
a.       Insomnia
b.      Ide datang jam segitu

2 alasan ini sepertinya cukup “kuat”, namun sayangnya alam tidak mendengar alasan ><”

           Untuk insomnia, lihat poin 23.
            Mengenai banyaknya ide, itu memang tidak salah. Saya belum paham sistematika biologisnya, namun guru hanya mejelaskan, ada yang namanya pembalikan proses. Di sini objeknya adalah jantung dan keaktifan otak. Jantung istirahat dan otak aktif, adalah dua kutub berbeda bukan? Nah, itu adalah waktu dimana jantung PALING dapat beristirahat. Bila jatahnya di ambil, itu akan terbalik menjadi waktu dimana otak PALING aktif. 
  
            Logikanya, karena jantung akan diistirahatkan (berhenti beberapa detik), seluruh tubuh dicadangkan energi sementara, untuk menjaga sel-sel tubuh tidak kekurangan unsur gizi untuk bertahan hidup. Apabila tubuh dalam kondisi tidak tertidur, energi yang seyogyanya dicadangkan untuk istirahat jantung akan digunakan untuk otak, yang menjadikannya "ide".
         
          Sehingga, tidak salah ide terbaik mungkin muncul di jam-jam tertentu, namun ini sama dengan membuat pilihan, nyawa atau ide, bukan?

Jalan tengahnya adalaah, sebisa mungkin mendisiplinkan diri dan mulai menyicil semua pekerjaan sedari awal sehingga tidak perlu sampai dihadapkan pada begadang yang terus menerus, ingat kekayaan terbesar adalah kesehatan^^

by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar