Translate

Kamis, 21 Juni 2012

Tips Penjagaan Kesehatan dan Usia (13)


        Ketika duduk, jagalah ruas tulang punggung dekat tulang ekor tidak mengantung dalam kondisi melengkung.






       Tulang belakang yang sehat adalah penentu keaktifan masa tua.
Jagalah tulang belakang kita agar tidak bungkuk (kifosis), terlalu lurus (lordosis), maupun miring (skoliosis). Jadikanlah duduk dan berdiri tegak sebagai kebiasaan agar bentuk tubuh tidak menghambat keluwesan gerakan kita dan atau menekan perkembangan organ dalam. Sebab orang yang terlalu bungkuk biasa tekanan ke paru-paru lebih tinggi sehingga kurang menyehatkan.

    Ada satu kebiasaan duduk masyarakat kota yang sebenarnya berpengaruh agak signifikan pada kesehatan syaraf dan tulang belakang. Yaitu kebiasaan duduk “selonjor” seperti ketika menonton tv atau ngbrl dengan teman, bersandar dengan punggung atas, namun 3 / 4 ruas dari tulang ekor melengkung dan menerima tekanan berat tubuh.

       Ini adalah posisi yang kurang baik karena selain dapat memberi tekanan berlebih yang tidak seimbang pada tulang belakang, juga dapat memengaruhi sistem syaraf. Dalam pengobatan China, dikatakan secara perlahan akan menyebabkan kelemahan refleks. Ternyata berdasar kedokteran barat, bagian sekitar tulang ekor merupakan pengendali saraf simpatetik dan parasimpatetik.

       Dengan demikian, mari kita berdayakan kebiasaan duduk yang sehat pula^^
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar