Translate

Selasa, 19 Juni 2012

Penjagaan Usia dan Kesehatan Remaja (1)


Sedikit penyampaian pendahuluan mengenai pentingnya penjagaan kesehatan sejak remaja.

Berdasarkan ilmu pengobatan tradisional China. Fisik dan mental manusia mengalami perubahan sifat secara bertahap:
Anak-anak                          : Usia 0-9
Pemuda                               : Usia 9-18
Dewasa                               : Usia 18-27-36-45
Penghentian pemuasan         : Usia 45-54
Penjagaan energi                  : Usia-63-72-81

Masa anak-anak, pertumbuhan fisik dan mental paling cepat adalah hingga usia 9 tahun. Ini adalah golden age pertumbuhan, sehingga diharapkan orang tua mencurahkan perhatian dan waktu yang signifikan disini. Karena, ini adalah bekal perkembangan fisik dan mental menuju tahap berikutnya. Semakin tinggi tahap, semakin sulit perbaikan dilakukan.

9-18 tahun adalah masa remaja, dimana di tahapan ini berbagai hormon baru dalam tubuh mulai aktif, mengakibatkan perubahan sifat dan fisik. Bila orang tua sudah menanamkan nilai kehidupan dan memberi basic kesehatan yang baik sebelum tahapan ini, masalah2 yang dihadapi para remaja pada tahap ini lebih mampu diterima dan diatasi. Bila sebaliknya, ini adalah masa yang berat bagi para manusia muda. Bukan kesalahan mereka, melainkan ini memang proses WAJAR dari kehidupan.

Usia 18 adalah ujung dari masa remaja, dimana karakter mulai terbentuk keras dan agak sulit diubah., bentuk fisik sudah relatif stabil namun organ-ogan internal masih dalam proses pembenahan.

Usia 27 barulah proses “pertumbuhan” berhenti secara signifikan. Fisik sudah benar-benar dewasa dan stabil.

Usia 36 kematangan psikologis, 45 masa puncak perkembangan mental (jaya atau anjlok), penurunan kekuatan tubuh.

Pada usia 45, manusia sudah semestinya mengurangi pemenuhan nafsu duniawi. Lihat, dengar, makan, minum, seks. Menjaga mata dan telinga dari hal-hal buruk yang dapat mempercepat penumpulan fungsinya. Makanan mulai di jaga, minuman hanya yang menyehatkan, dan seks mulai di batasi. Bila ini dilakukan, niscaya bisa lanjut terus ke tahap berikutnya.

Setelah 54 tahun, adalah masa penjagaan energi hidup. Fisik manusia yang renta, seperti kantong kulit yang mudah bocor  bila diisi air. Bila tidak menjaga energi atau daya hidup ke arah dalam tubuh, energi yang keluar dapat lebih banyak daripada yang bisa diserap. Penjagaan energi dapat dilakukan dengan signifikan melalui pelatihan pernapasan, taichi.

Memahami tahapan yang saling berkaitan ini, kita akan menyadari bahwa tagline “tunggu tua untuk menjaga kesehatan”, adalah pemeo yang tidak tepat. Proses anak-anak dan remaja ternyata merupakan masa terpenting yang menentukan kualitas fisik dan mental kita. Oleh karena itu, kami sangat antusias mengajak kawan2 menjaga kesehatan sejak muda.^^

Semangaat semua, =D
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar