Translate

Rabu, 20 Juni 2012

Tips Penjagaan Kesehatan dan Usia (8)


   Jagalah dada, tangan, dan kaki tetap hangat




         Paru-paru adalah "gudang usia" setelah ginjal. Usia berakar pada daya hidup. Daya hidup identik dengan Yang atau unsur positif yang berkarakteristik hangat. Sehingga, dingin hanya akan menyerap energi hidup, oleh karena itu, untuk daya tahan tubuh yang prima, lindungilah dada agar tetap hangat.

       Paru-paru adalah organ yang “luas”, membentang hampir memenuhi seluruh rongga dada, bukan? Nah, kita tahu bahwa isi paru-paru “hanya” udara, artinya ia bukan organ padat yang berkekuatan. Maka, hindarkanlah pula paru-paru dari angin, terutama subuh dan malam, terpaan angin yang terus menerus dapat merusak paru, karena angin dalam kecepatan tinggi, dapat menjadi “hantaman” setara kekuatan “Tinju” Taichi yang konon mampu menghancurkan jantung. Ya, ada kasus paru-paru berlubang pada beberapa kurir antar kota karena selalu mengendarai motor pada subuh hingga larut malam. Belum tahu solusinya, namun latihan pernapasan dapat dicoba untuk memperkuat peparu. (Lihat poin 25)


          Tangan dan kaki adalah ujung dari tubuh. Aliran energi kehidupan menyembur dari ujung tangan, kaki, dan wajah. Bila mereka kedinginan, aliran energi dapat terkuras, sehingga dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, mudah demam. Sehingga, bila mengetahui poin ini, ketika kita bepergian ke daerah beriklim dingin, untuk mencegah flu, jagalah kehangatan kaki dan tangan.
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar