Translate

Rabu, 20 Juni 2012

Tips Penjagaan Kesehatan dan Usia (10)


                Buang air kecil dalam kondisi jongkok, atau bila tidak, agak berjinjit.


Ini mungkin bukan masalah bagi wanita. Namun bagi pria, buang air kecil sambil berjongkok mungkin aneh, haha…walau itu sebenarnya yang paling baik bagi kesehatan. Kalau tidak salah dalam ajaran 2 agama yang usia sudah sangat tua juga menganjurkan demikian. Bagaimana logikanya?

Pada posisi jongkok, paha menekan otot perut. Tekanan ini mengoptimalkan efektivitas kandung kemih dan anus untuk membuang kotoran. Sederhana. Oh ya, bila risih berjongkok, at least…berjinjit => kandung kemih terdorong dari bawah sehingga juga berefek lumayan membersihkan, namun tidak seefektif berjongkok. Teknik jinjit ini diperkenalkan salah satu guru Taichi berusia 80an tahun.

Oh ya begitu pula dengan buang air besar. Bersyukurlah bila kloset anda adalah kloset jongkok. Kita sudah lama di”doktrinasi” bahwa yang dari barat adalah “modern” dan apa yang dari asia adalah “kuno”. Dan semua yang “modern” selalu lebih baik daripada yang “kuno”. Contohnya saja, untuk urinator dan kloset duduk, memang terlihat rapi, namun itu menyebabkan sampah dalam tubuh tidak terbuang dengan optimum. Sehingga, bersyukurlah jika kita sanitasi di rumah kita masih menggunakan kloset asli Indonesia (Koq malah jadi promosi kloset Hahaha…). Oh ya, dan YANG LEBIH PENTING lagi, tolong jangan mencoba berjongkok di atas kloset duduk anda! Sangat berbahaya!

Rata-rata kawan yang pernah mendengar penyampaian saya tentang buang air besar ala Timur ini, mencoba untuk tetap berjongkok di atas kloset duduknya, DAN, ada kabar kloset duduk pecah dan melukai yang sedang berjongkok di atasnya...(>.<”) Setelah mencari  bahan acuan di internet, ternyata hal tersebut dikarenakan kloset duduk memang tidak didesain mampu menahan berat badan secara menyeluruh, sehingga dapat membahayakan. Jadi, bersyukurlah yang masih meng-install kloset asli Indonesia =)
by Facebook Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar